Jurnalistik - AB

Matakuliah Jurnalistik memiliki bobot 2 (dua) Satuan Kredit Semester (SKS) dan ditempuh bagi mahasiswa Semester IV.

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa  diharapkan memiliki kemampuan softskill dan hardskill. Kemampuan softskill adalah mahasiswa memiliki sikap (1) bisa bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan kerja (publik relation) (S7). (2) memiliki budaya ilmu dan kritis terhadap kemajuan umat manusia serta bersedia membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan dakwah Islam dan maslahat / pemberdayaan umat (S12).

Sedang kemampuan hardskill  berupa Penguasaan Pengetahuan dan Ketrampilan Umum. Penguasaan Pengetahuan adalah (1) Menguasai tujuan, konsep teoretis, metoda dan wawasan komunikasi dan penyiaran Islam (PP 1). (2). Menguasai kaidah, prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, level organisasi, dan budaya (PP 6).

Sedang Ketrampilan Umum, mahasiswa bisa menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).